Kamis, 05 Juni 2014

TECHNO PRENEURSHIP

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Perkembangan dunia usaha dan industri dengan adanya globalisasi ekonomi telah meningkat tajam. Berbagai produk yang dihasilkan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Globalisasi ekonomi dan era informasi mendorong industri menggunakan sumber daya manusia lulusan perguruan tinggi yang kompeten dan memiliki jiwa kewirausahaan. Akan tetapi tidak setiap lulusan perguruan tinggi memiliki jiwa kewirausahaan seperti yang diinginkan oleh lapangan kerja tersebut. Kenyataan menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil lulusan perguruan tinggi yang memiliki jiwa kewirausahaan. Di sisi lain, krisis ekonomi menyebabkan jumlah lapangan kerja tidak tumbuh, dan bahkan berkurang karena bangkrut. Dalam kondisi seperti ini, maka lulusan perguruan tinggi dituntut untuk tidak hanya mampu berperan sebagai pencari kerja tetapi juga harus mampu berperan sebagai pencipta kerja. Keduanya memerlukan jiwa kewirausahaan. Oleh karena itu, agar supaya perguruan tinggi mampu memenuhi tuntutan tersebut, berbagai inovasi diperlukan diantaranya adalah inovasi pembelajaran dalam membangun generasi technopreneurship di era informasi sekarang ini.

Pengembangan teknologi akan sangat berpengaruh terhadap daya saing suatu negara dalam kompetisi global. Inovasi teknologi yang kontinu dan tepat guna membutuhkan sebuah penguasaan kompetensi serta otoritas ilmiah dalam implementasi teknologi tersebut. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai ahli-praktisi dalam masing-masing bidang keilmuan dan aplikasinya. Di sinilah peran universitas dan institusi pendidikan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam pemanfaatan teknologi.




1.2       Ruang Lingkup
Penerapan ruang lingkup pada makalah ini adalah mengenai:
1.      Pengertian Technopreneurship 
2.      Macam – macam hal yang menyangkut Technopreneurship 
3.      Hambatan Technopreneurship 
4.      Peluang Technopreneurship 

1.2              Tujuan dan Manfaat
Berdasarkan pembahasan pada latar belakang, maka dapat ditentukan tujuan pembuatan paper ini dan manfaat yang di dapatkan pada paper E-Business pada karya ilmiah. Tujuan dari paper ini ialah:
1.      Memberi penjelasan tentang Technopreneurship dan pengertian.
2.      Mengerti apa yang dapat terjadi di dalam Technopreneurship hambatan maupun resiko.

Manfaat dari paper ini ialah:
1.      Dapat mengerti dan memahami cara dalam menjalankan Technopreneurship.
2.      Dapat membuat karya ilmiah dengan baik dan benar.

1.4       Metodologi Penulisan
Metodologi yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah, sebagai berikut:
1.      Seminar Topik-Topik Lanjutan Sistem Informasi
Mendengarkan seminar topik-topik lanjutan sistem informasi yang berkaitan dengan topik yang dibahas pada makalah ini.
2.      Metode Studi Kepustakaan
Melakukan pengumpulan informasi melalui dunia maya atau internet yang dapat dijadikan sumber dan panduan dalam penulisan makalah ini.



1.5       Sistematikan Penulisan
·        BAB 1: PENDAHULUAN
Pada bab ini dijelaskan apa saja latar belakang penulisan paper ini, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, dan metologi penulisan dari paper ini.
·        BAB 2: LANDASAN TEORI
Pada bab ini dijelaskan teori-teori yang mendukung penulisan paper ini.
·        BAB 3: PEMBAHASAN
Pada bab ini menjelaskan tentang Research writing skills and plagiarism pada karya ilmiah.
·        BAB 4: PENUTUP
Paa bab ini kami akan memberikan simpulan dan saran atas penulisan paper ini.

















BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Technopreneurship

Technopreneurship adalah kewirausahaan sederhana dalam konteks teknologi intensif. Proses penggabungan teknologi dan bakat dan keterampilan kewirausahaan. Technopreneur adalah orang yang menghancurkan tatanan ekonomi yang ada dengan memperkenalkan produk maupun jasa baru, dengan menciptakan bentuk bentuk baru organisasi dan dengan memanfaatkan bahan baku yang baru. Seseorang yang melakukan resiko yang memiliki kemungkinan keuntungan membedakan diri melalui kemampuan mereka untuk mengumpulkan dan mengelola pengetahuan, serta kemampuan mereka untuk sumber daya dikerahkan untuk mencapai usaha tertentu atau tujuan social.

Kewirausahaan adalah cara berpikir dan bertindak yang terobsesi kesempatan, pendekatan holistik dan kepemimpinan yang seimbang demi tercapai nya tujuan yang di inginkan. Inovasi adalah alat khusus pengusaha, sarana yang mengeksploitasi perubahan sebagai sebuah kesempatan di dalam bidang bisnis yang berbeda atau layanan yang berbeda. Kewirausahaan mengejar peluang tanpa memperhatikan sumber daya yang saat ini di bawah kendali seseorang.

Untuk mendefinisikan Technopreneurship (technology entrepreneurship), hal yang harus perhatikan adalah penelitian dan komersialisasi.  Penelitian merupakan penemuan dan penambahan pada ilmu pengetahuan.  Komersialisasi dapat didefinisikan sebagai pemindahan hasil penelitian atau teknologi dari laboratorium ke pasar dengan cara yang menguntungkan.  Ada sejumlah jalan untuk mengkomersialisasi teknologi, yakni: lisensi, berpartner, atau menjualnya kepada pihak lain yang akan mengkomersialisasikannya.

Teknologi merupakan cara atau metode untuk mengolah sesuatu agar terjadi efisiensi biaya dan waktu, sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Dasar-dasar penciptaan tekologi adalah: kebutuhan pasar, solusi atas permasalahan, aplikasi berbagai bidang keilmuan, perbaikan efektivitas dan efisiensi produksi, serta modernisasi.

2.2 Karakter Technopreneur

Karakteristik dari seorang technopreneur. Spirit dan karakter seorang technopreneur dibentuk oleh 3 (tiga) komponen utama pembentuk, yaitu:
-         Intrapersonal
-         Interpersonal
-         Extrapersonal.

Interpersonal dan interpersonal adalah merupakan komponen soft skill, sedangkan extrapersonal adalah mengintegrasikan kedua soft skill tersebut menjadi berguna di dalam lapangan

2.3 Penjelasan tentang Entrepreuner & Entrepreunership

Entrepreuner adalah orang yang mempertahankan kekebalan dari kontrol rasional pengetahuan birokrasi. (Weber, 1947)

Entrepreuner adalah inovator yang mengimplementasikan perubahan di dalam pasar melalui melakukan kombinasi baru. Ini dapat mengambil beberapa bentuk:
-         pengenalan yang baik baru atau kualitas daripadanya,
-         pengenalan metode produksi baru,
-         pembukaan pasar baru,
-         penaklukan sumber baru pasokan bahan baru atau suku cadang,
-         pelaksanaan organisasi baru industri apapun.
(Schumpeter, 1934)


Entrepreuner selalu spekulator. Ia berkaitan dengan kondisi tidak menentu dari masa depan. Keberhasilan atau kegagalan nya tergantung pada kebenaran antisipasi nya tidak pasti peristiwa. Jika ia gagal dalam pemahamannya tentang hal-hal yang akan datang ia ditakdirkan (Von Mises, 1949/1996)

Entrepreuner adalah co-ordinator dan arbitrase. (Walras, 1954)

Aktivitas Entrepreunership melibatkan mengidentifikasi peluang dalam sistem ekonomi. (Penrose, 1959/1980)

Entrepreuner mengakui dan bertindak atas peluang keuntungan, dasarnya adalah
arbitrase. (Kirzner, 1973)

Entrepreunership adalah tindakan inovasi yang melibatkan endowing sumber daya yang ada dengan baru kapasitas menghasilkan kekayaan. (Drucker, 1985)

Tindakan penting dari Entrepreunership adalah entri baru. Entri baru dapat dicapai dengan memasuki pasar baru atau didirikan dengan barang atau jasa yang baru atau yang sudah ada. Catatan baru adalah tindakan meluncurkan usaha baru, baik oleh sebuah perusahaan start-up,  melalui sebuah perusahaan yang ada, atau melalui "bertualang perusahaan internal". (Lumpkin & Dess, 1996)

Bidang Entrepreunership melibatkan studi tentang sumber peluang; itu proses penemuan, evaluasi, dan eksploitasi peluang; dan himpunan individu yang menemukan, mengevaluasi, dan mengeksploitasi mereka.(Shane & Venkataraman, 2000)

Entrepreunership adalah suatu proses sosial tergantung pada konteks di mana individu dan tim menciptakan kekayaan dengan menyatukan paket yang unik sumber daya untuk mengeksploitasi peluang pasar. (Ireland, Hitt, & Sirmon 2003)

Entrepreunership adalah pola pikir dan proses untuk menciptakan dan mengembangkan kegiatan ekonomi dengan pencampuran pengambilan risiko, kreativitas dan / atau inovasi dengan manajemen yang baik, dalam baru atau organisasi yang ada. (Commission of the European Communities, 2003)

            Semua ini menjelaskan mengapa Entrepreunership dijelaskan dengan cara yang berbeda. Proses bisnis meliputi identifikasi dan penilaian peluang, keputusan untuk mengeksploitasi mereka diri sendiri atau menjualnya, upaya untuk mendapatkan sumber daya dan pengembangan strategi dan organisasi proyek bisnis baru (Eckhardt dan Shane, 2003). Entrepreunership adalah “proses di mana individu-baik pada mereka memiliki atau dalam organisasi-mengejar peluang "(Stevenson dan Jarillo, 1990: 23). Baru-baru ini mengklaim bahwa jika manajer dan pengusaha dari banyak perusahaan kami adalah untuk mengadopsi perilaku kewirausahaan ketika mengembangkan strategi mereka, perusahaan akan menghadapi masa depan yang jauh lebih terang dari persepsi saat ini menunjukkan (Lee dan Peterson, 2000).









2.4 Kunci Entrepreneurship
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pengusaha sukses berbagi atribut pribadi tertentu, termasuk: kreativitas, dedikasi, determinasi, fleksibilitas, kepemimpinan, semangat, kepercayaan diri, dan "kecerdasan."
-         Kreativitas adalah percikan yang mendorong pengembangan produk atau jasa atau cara untuk melakukan bisnis baru. Ini adalah dorongan untuk inovasi dan perbaikan. Ini adalah pembelajaran yang berkelanjutan, pertanyaan, dan berpikir di luar formula yang ditentukan.
-         Dedikasi inilah yang memotivasi pengusaha untuk kerja keras, 12 jam sehari atau lebih, bahkan tujuh hari seminggu, terutama di awal, untuk mendapatkan upaya tersebut dari tanah. Perencanaan dan ide-ide harus bergabung dengan kerja keras untuk berhasil. Dedikasi membuat hal itu terjadi.
-         Penentuan adalah keinginan yang sangat kuat untuk mencapai sukses Ini mencakup kegigihan dan kemampuan untuk bangkit kembali setelah masa-masa sulit. Ini membujuk pengusaha untuk membuat panggilan telepon ke-10, setelah sembilan telah menghasilkan apa-apa. Untuk entrepreneur sejati, uang bukanlah motivasi. Sukses adalah motivator; uang adalah hadiah.
-         Fleksibilitas adalah kemampuan untuk bergerak cepat dalam menanggapi perubahan kebutuhan pasar. Hal ini menjadi benar untuk mimpi sementara juga memperhatikan realitas pasar. Ada sebuah cerita tentang seorang pengusaha yang memulai sebuah toko mewah hanya menjual kue-kue Perancis. Tapi pelanggan ingin membeli muffin juga. Daripada mempertaruhkan hilangnya pelanggan ini, pengusaha dimodifikasi
visinya untuk mengakomodasi kebutuhan ini.
-         Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan aturan dan menetapkan gol. Ini adalah kapasitas untuk menindaklanjuti untuk melihat bahwa aturan diikuti dan tujuan yang dicapai.
-         Gairah adalah apa yang membuat pengusaha mulai dan membuat mereka di sana. Ini memberi pengusaha kemampuan untuk meyakinkan orang lain untuk percaya pada visi mereka. Hal ini tidak dapat menggantikan perencanaan, tetapi akan membantu mereka untuk tetap fokus dan untuk mendapatkan orang lain untuk melihat rencana mereka.
-         Percaya diri datang dari perencanaan yang menyeluruh, yang mengurangi ketidakpastian dan tingkat risiko. Hal ini juga berasal dari keahlian. Percaya diri memberikan pengusaha kemampuan untuk mendengarkan tanpa mudah terpengaruh atau terintimidasi.
-          "Smarts" terdiri dari akal sehat bergabung dengan pengetahuan atau pengalaman dalam bisnis terkait atau usaha. Mantan memberikan seseorang naluri yang baik, yang terakhir, keahlian. Banyak orang memiliki kecerdasan mereka tidak mengakui. Seseorang yang berhasil membuat sebuah rumah tangga pada anggaran memiliki organisasi dan keuangan keterampilan. Pengalaman kerja, pendidikan, dan kehidupan
semua berkontribusi untuk kecerdasan.

2.5 Alasan menjadi Entrepreneur

Sebaliknya, beberapa orang tertarik untuk menjadi entrepreneur dengan memperoleh keuntungan dari memulai bisnis. Ini termasuk:
-         Entrepreneur adalah bos mereka sendiri. Mereka membuat keputusan. Mereka memilih siapa untuk melakukan bisnis dengan dan pekerjaan apa yang akan mereka lakukan. Mereka memutuskan apa jam untuk bekerja, serta apa yang harus membayar dan apakah akan mengambil liburan.

-         Entrepreneur menawarkan kemungkinan yang lebih besar mencapai imbalan finansial yang signifikan daripada bekerja untuk orang lain.

-         Ini menyediakan kemampuan untuk terlibat dalam total operasi bisnis, dari konsep desain dan penciptaan, dari penjualan ke operasi bisnis dan respon pelanggan.

-         Hal ini menawarkan prestise menjadi orang di biaya.

-         Ini memberikan individu kesempatan untuk membangun kesamaan, yang dapat disimpan, dijual, atau diteruskan ke generasi berikutnya.

-         Kewirausahaan menciptakan kesempatan bagi orang untuk memberikan kontribusi. Kebanyakan entrepreneur’s baru membantu perekonomian lokal. Beberapa contoh mereka inovasi-kontribusi kepada masyarakat secara keseluruhan.

Beberapa orang menilai kemungkinan pekerjaan dan karir di mana mereka tinggal dan membuat keputusan sadar untuk mengejar wirausaha.

















BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Technopreneurship di dalam dunia bisnis

Di dunia ini banyak technopreneur yang berhasil melakukan komersialisasi teknologi sehingga menjadi produk yang diterima secara luas di pasar.  Contoh pengalaman empiris technopreneur sukses antara lain adalah Henry Ford yang menciptakan mobil Ford dan Soichiro Honda yang menciptakan mobil dan sepeda motor merk Honda.   Mereka secara individu melakukan penelitian karena hobi dan keinginannya sendiri.  Tidak semua hasil penelitiannya langsung sukses secara komersial.  Bahkan menurut Soichiro Honda, 99% perjalanan kariernya adalah kegagalan, 1% membawanya menjadi sukses.


Di Indonesia, masyarakat sangat mengenal teh botol Sosro yang diciptakan oleh Soetjipto Sosrodjojo mencipatakan teh botol Sosro. Produk ini merupakan contoh sukses inovasi yang luar biasa, karena memberikan nilai tambah, diterima oleh masyarakat luas, dan menciptakan pasar baru yang belum ada pesaingnya.

3.2 Inovasi Technopreneurship

Technopreneurship bersumber dari invensi dan inovasi.  Invensi adalah sebuah penemuan baru yang bertujuan untuk mempermudah kehidupan.  Inovasi adalah proses adopsi sebuah penemuan oleh mekanisme pasar. Invensi dan inovasi ada dua jenis, yakni:
-         Invensi dan inovasi produk
-         Invensi dan inovasi proses.





Berbagai kemajuan yang dicapai diawali dengan riset dan temuan-temuan baru dalam bidang teknologi (invensi) yang kemudian dikembangkan sedemikan rupa sehingga memberikan keuntungan bagi penciptanya dan masyarakat penggunanya.  Fenomena perkembangan bisnis dalam bidang teknologi diawali dari ide-ide kreatif di beberapa pusat penelitian (kebanyakan di Perguruan Tinggi) yang mampu dikembangkan, sehingga memiliki nilai jual di pasar. Penggagas ide dan pencipta produk dalam bidang teknologi tersebut sering disebut dengan nama technopreneur, karena mereka mampu menggabungkan antara ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui kreasi/ide produk yang diciptakan dengan kemampuan berwirausaha melalui penjualan produk yang dihasilkan di pasar.  Dengan demikian, technopreneurship merupakan gabungan dari teknologi (kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi) dengan kewirausahaan (bekerja sendiri untuk mendatangkan keuntungan melalui proses bisnis).

Saat ini, perkembangan bisnis dalam bidang teknologi sebagian besar dihasilkan dari sinergi antara pemilik ide kreatif (technopreneur), yang umumnya berafiliasi dengan berbagai pusat riset (seperti Perguruan Tinggi), dengan penyedia modal yang akan digunakan dalam berbisnis. Hubungan antara tiga unsur tersebut yang kemudian mendorong berkembangnya bisnis teknologi yang ada di beberapa negara, misalnya di Sillicon Valley di Amerika Serikat, Bangalore di India, dan beberapa negara lainnya. Di Indonesia, sinergi ketiga pihak tersebut belum terbangun dengan baik.   Pengembangan berbagai pusat inovasi dan inkubator bisnis dalam bidang teknologi di beberapa perguruan tinggi dan lembaga riset merupakan upaya yang positif untuk membangun technopreneurhsip di Indonesia.

Invensi dan  inovasi yang dihasilkan, serta technopreneurship tidak hanya bermanfaat dalam pengembangan industri-industri besar dan canggih.  Technopreneurship juga dapat diarahkan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lemah dan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.  Dengan demikian, technopreneurship diharapkan dapat mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Technopreneurship dapat memberikan memiliki manfaat atau dampak, baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan.  Dampaknya secara ekonomi adalah:
-         Meningkatkan efisiensi dan produktivitas
-         Meningkatkan pendapatan.
-         Menciptakan lapangan kerja baru.
-         Menggerakkan sektor-sektor ekonomi yang lain.
Manfaat dari segi sosial diantaranya adalah mampu membentuk budaya baru yang lebih produktif, dan berkontribusi dalam memberikan solusi pada penyelesaian masalah-masalah sosial.  Manfaat dari segi lingkungan antara lain adalah:
-         Memanfaatkan bahan baku dari sumber daya alam Indonesia secara lebih produktif.
-         Meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya terutama sumberdaya energi.

3.3 Technopreneurship di dalam masyarakat 
Ada beberapa bidang invensi dan inovasi yang dapat diprioritaskan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat ekonomi lemah terdiri dari: air, energi, kesehatan, petanian, dan keanekaragaman hayati (water, energy, health, agriculture, dan biodiversity, yang biasa disingkat WEHAB).  Di bidang-bidang di atas masyarakat ekonomi lemah di Indonesia banyak menghadapi permasalahan.  Pengembangan technopreneurship dapat diarahkan sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.  Misalnya:

a.       Water (Air)
Banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses yang sangat terbatas pada air bersih, juga petani yang memiliki keterbatasan akses air untuk irigasi.  Tantangan technoprenuership masih sangat terbuka lebar untuk memberikan solusi teknologi pengadaan air bersih dan efisiensi irigasi.  Contohnya produk teknologi yang dapat ditawarkan antara lain sistem desalinasi air laut yang murah dan irigasi tetes (drip irrigation).
b.      Energy (Energi)
Dunia saat ini dihadapkan pada kekurangan energi yang kronis.  Lapisan masyarakat terbawah di Indonesia saat ini sudah merasakan kesulitan yang luar biasa untuk mendapatkan sumber energi baik untuk kegiatan konsumtif maupun produktif.  Tantangan yang besar saat ini untuk menghasilkan teknologi energi alternatif yang terbarukan, ramah lingkungan, yang terjangkau, efisien, dan berkelanjutan.  Contoh produk teknologi alternatif misalnya energi listrik tenaga air (microhydro), tenaga angin, pengering tenaga surya, dan lain-lain.

c.       Health (Kesehatan)
Akses pada fasilitas kesehatan yang memadai serta dan biaya kesehatan yang mahal masih menjadi masalah utama masyarakat miskin Indonesia.  Oleh karena itu sangat diperlukan alternatif metode pengobatan dan peningkatan kesehatan yang aman dan terjangkau; teknologi pengobatan/pencegahan terhadap penyakit spesifik lokal, serta obat-obatan alternatif yang terjangkau terutama untuk penyakit yang lazim dijumpai di masyarakat tidak mampu. Contoh produk teknologi alternatif adalah pengembangan produk-produk berbahan baku lokal menjadi produk herbal terstandar atau fitofarmaka.

d.       Agriculture (Pertanian)
Masih sangat banyak masalah di sektor pertanian Indonesia yang umumnya dihuni oleh kelompok petani miskin.  Beragam  teknologi dalam bidang pertanian, perikanan, dan peternakan rakyat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah pertanian kita.

e.        Biodiversity (Keanekaragaman Hayati)
Indonesia memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati nomor dua di dunia, namun pemanfaatannya saat ini belum banyak memberikan manfaat sosial yang besar.  Beragam sentuhan teknologi diperlukan misalnya penggunaan keanekaragaman hayati untuk biomedicine dan produk makanan; teknologi pengolahan yang memanfaatkan dan memberi nilai tambah keanekaragaman hayati Indonesia dengan tetap mempertahankan kelestariannya.

Bagaimana agar invensi dan inovasi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, Beberapa kriteria berikut ini dapat digunakan untuk mengembangkan invensi dan inovasi agar bermanfaat bagi masyarakat, yaitu inovasi dan invensi itu harus:
a.       Memberikan performansi solusi lebih baik dan lebih efisien.
b.      Menjawab permasalahan dan memenuhi karakteristik kebutuhan masyarakat.
c.       Merupakan ide orisinal.
d.      Dapat diterapkan ke pasar dan memenuhi kriteria kelayakan ekonomi.
e.       Memiliki skala pasar dan skala manfaat yang memadai.
f.        Dapat dipasarkan sebagai produk atau jasa.
g.       Meningkatkan produktivitas, pendapatan, dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Pada saat ini di Indonesia secara umum, dukungan terhadap invensi dan inovasi domestik masih terbatas, belum integratif dan tidak berorientasi pasar, sehingga banyak invensi dan inovasi yang “layu sebelum berkembang”. Ada kesenjangan yang besar antara penawaran dan permintaan solusi teknologi bernilai tambah. Selain itu, dana penelitian dan pengembangan nasional masih terbatas dan kemampuan technopreneurship domestik masih rendah.



3.4 Promotion & Marketing
Salah satu keberhasilan penting untuk setiap organisasi adalah memiliki pemasaran yang baik (Kotler & Armstrong, 2010). Banyak perusahaan animasi tidak menempatkan penekanan pada pentingnya pemasaran (Aksoy, 2010; Tang, 2010). Perusahaan animasi perlu melihat melampaui pasar lokal, yang kecil dan terbatas (Jieh, Hsueh-hua, & Hsiang-chun, 2005; Chan & Loh, 2011). Salah satu cara bagi perusahaan untuk mempromosikan produk animasi adalah untuk bergabung pameran perdagangan lokal dan internasional, di mana mereka dapat membuat penjualan atau mencari investor (Abu, Siti, Siti & Salwa, 2011; Prause, Feuerhake, & Hochheim, 2012).

3.5 Network & Collaboration
Pengusaha harus menggunakan aset mereka untuk menciptakan jaringan sosial yang akan bermanfaat bagi bisnis mereka (Byers T., 2010). Dengan menjadi anggota dari jaringan atau asosiasi technopreneur dapat memperoleh manfaat seperti mendapatkan nasihat dari berbagai badan, akses ke sumber daya dan sumber kreativitas (ab. Aziz, Perumal, & Faizuniah, 2005; Hisrich, Peters, & Shepard, 2010; Noor, Hazliza, & Dr Siti, 2010). Beberapa perusahaan animasi akan memiliki jaringan dengan lembaga akademik untuk menciptakan hubungan akademis-industri (Wu, 2010; Jieh, Hsueh-hua, & Hsiang-chun, 2005). Perusahaan animasi juga akan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk bekerja pada proyek yang sama, di mana mereka dapat berbagi sumber daya masing-masing. Selain itu juga akan terlibat dalam co-produksi dengan perusahaan di negara-negara lain (Warren & Fuller, 2010; Thomas & Rayadurgam, 2005; Westcott, 2010).





3.6 Diversification
Biaya produksi sebuah serial TV atau film fitur animasi tinggi, tapi stasiun TV membeli dengan harga murah. Lebih sering daripada tidak, pembayaran dari stasiun TV tidak cukup untuk menutupi biaya. Akibatnya, perusahaan perlu melakukan diversifikasi produk mereka atau
layanan untuk mempertahankan bisnis mereka. Sebagian besar akan menghasilkan pendapatan dari penjualan merchandise (Rasul, 2011; Westcott, 2010). Pendapatan dari penjualan DVD, merchandise dll sangat penting bagi sebuah perusahaan animasi (Kenny & Broughton, 2011). Ada perusahaan yang menjelajah ke kafe dan taman hiburan seperti Disneyland (Markides, 1997).

3.7 Hardware & software
Memproduksi animasi membutuhkan hardware kualitas yang baik dan perangkat lunak. Animasi studio kemungkinan akan dilengkapi dengan teknologi terbaru (Thomas & Rayadurgam, 2005; Dolbier & Megler, 2005). Namun, peralatan ini mahal dan untuk perusahaan-perusahaan kecil atau start-up perusahaan, tidak perlu untuk memiliki peralatan. Sebaliknya mereka dapat menyewa, menggunakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah atau menggunakan komputasi awan sebagai gantinya (Rajendran, 2012; MAC3, 2008).

3.8 Content Quality
Teknologi hanya memainkan peran pendukung dalam animasi, konten adalah raja. Aspek yang paling penting dari sebuah produk animasi adalah konten (Chen, Wei, & Huang, 2010; Chan & Loh, 2011; Seton, 2008; KempJackson, 2011). Untuk menghasilkan kualitas yang baik produk animasi, fokusnya adalah pada pengembangan konten yang baik, alur cerita yang baik, dan konten asli untuk pasar internasional (Chan & Loh, 2011; Siti Salwa, Siti Suriawati, & Abu, 2011; Hassan 2004 , Wu, 2010; Tang, 2010).



3.9 IP
Dengan memiliki hak paten dan posisi IP yang kuat, bisnis berbasis teknologi lebih mungkin untuk memiliki keuntungan yang berkelanjutan dan leverage (Preston, 2001; Byers, Dorf, & Nelson, 2011; Yapp, 2011). IP merupakan faktor penting yang menentukan kelangsungan hidup industri animasi dan daya saing (Chen, Wei, & Huang, 2010; Wu, 2010).

3.10 Entrepreneurship skills / business know – how
Dua keterampilan yang berkontribusi terhadap keberhasilan technopreneurship keterampilan manajemen teknis dan keterampilan manajemen bisnis (Oakey, 2003). Kebanyakan technopreneur animasi berasal dari latar belakang yang kreatif, dan mereka tidak memiliki keterampilan bisnis (Chan & Loh, 2011; Ojala & Heikkila, 2009). Mereka membutuhkan pelatihan dalam berbagai disiplin ilmu seperti seni, teknologi dan manajemen (Jieh, Hsueh-hua, & Hsiang-chun, 2005; Bettiol, Di Maria, & Finotto, 2011).

3.11  Government assistance
Studi sebelumnya telah menemukan bahwa bantuan pemerintah dapat berkontribusi bagi keberhasilan kewirausahaan (Sebora, Lee, & Sukasame, 2009; Radiah, Mohd Rosli, & Ab Azid, 2009;. Lerner, 2010). Namun, mungkin tidak menjadi faktor keberhasilan utama (Robson & Bennett, 2011; Sebora, Lee, & Sukasame, 2009). Industri kreatif & industri animasi akan mendapat manfaat dari bantuan pemerintah (Zhang, Zhang, & Li, 2010; Chen, Wei, & Huang, 2010; Yoon, 2008; Thomas & Rayadurgam, 2005). Jenis bantuan pemerintah termasuk pinjaman dan hibah, implementasi kebijakan, infrastruktur, penasihat bisnis dan insentif pajak (Mohamed & Syarisa, 2001; Lerner, 2010).




3.12 Access to financial resources
Memiliki akses ke pembiayaan sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan usaha kecil. (. Radiah, Mohd Rosli, & Ab Azid, 2009; Mohd Abdullah & Hazianti, 2006). Dukungan keuangan dapat dari pemerintah, investor swasta, tabungan pengusaha sendiri atau dari keluarga dan teman-teman. Sebagian besar perusahaan animasi bergantung pada dukungan keuangan pemerintah untuk membiayai proyek-proyek mereka (Tang, 2010; Wu, 2010; Zhang, Zhang, & Li, 2010).

3.13 Business location
Setiap bisnis kreatif memiliki alasan sendiri untuk pilihan mereka di lokasi, dan hubungan adalah keseimbangan kompleks faktor (Comunian, Chapain, & Clifton, 2010). Perusahaan kreatif sering lebih berhasil di daerah perkotaan yang beragam (Juara 2010). Faktor-faktor lain dalam pilihan lokasi adalah ketersediaan ruang kerja dan ruang murah (Aksoy, 2010; Champion, 2010; Heebels & van Aalst, 2010), daya tarik estetika dan utilitas lingkungan binaan, dekat dengan pusat kota dan node transportasi utama (Champion, 2010; Abu, Siti, Siti & Salwa, 2011). Perusahaan akan mendapat manfaat dari lokasi dekat dengan saingan mereka (Preston, 2001), di mana umum bakat-bakat secara bersamaan dapat menciptakan kerjasama dan kompetisi (Wu, 2005 seperti dikutip Champion 2010). Perusahaan dapat dengan mudah menemukan karyawan dan infrastruktur yang tepat dengan menempatkan bisnis mereka di cluster yang tepat (Preston, 2001; Champion, 2010; Aksoy, 2010).






3.14 Talent pool
Bisnis di industri kreatif memerlukan kolam yang dalam bakat kreatif (Zhang, Zhang, & Li, 2010; Wright, Hmielski, Siegel, & Ensley, 2007). Sebuah perusahaan animasi membutuhkan karyawan dengan keterampilan dalam berbagai bidang (Jieh, Hsueh-hua, & Hsiang-chun, 2005). Paling sering karyawan memiliki keterampilan yang tidak sesuai dengan persyaratan pekerjaan (Bridgstock, 2011; Wu, 2010). Sebagian besar lulusan memiliki keterampilan teknis
tetapi tidak memiliki keterampilan kreatif (Chen, Wei, & Huang, 2010; Wu, 2010). Perusahaan sering akan mendorong karyawan mereka untuk meningkatkan keterampilan mereka (Wright, Hmielski, Siegel, & Ensley, 2007).















BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan

Entrepreneur adalah orang-orang (pemilik usaha) yang berusaha untuk menghasilkan nilai, melalui  penciptaan atau perluasan kegiatan ekonomi, dengan mengidentifikasi dan mengeksploitasi produk baru, proses atau pasar.
Aktivitas Entrepreneurship adalah tindakan manusia giat dalam mengejar generasi nilai, melalui pembentukan atau perluasan kegiatan ekonomi, dengan mengidentifikasi dan mengeksploitasi produk baru, proses atau pasar.
Entrepreneurship adalah fenomena yang terkait dengan aktivitas kewirausahaan. Dan Technopreneurship membangun usaha di tempat yang belum dilakukan oleh orang lain, dengan menciptakan lapangan kerja baru, bahan atau modal baru, prosess yang baru, dan pelayanan atau marketing yang berbeda dari sebelumnya




4.2 Saran

Di dalam melakukan Technopreneurship ada beberapa hal yang harus di lakukan sebelum di lakukannya pengambilan keputusan di suatu usaha, usaha yang di lakukan Technopreneurship tidak selalu mendapatkan keuntungan, tergantung dari segi sebagaimanakah seorang pemimpin tersebut melakukan yang terbaik di dalam usaha nya.







Daftar Pustaka
Bell, C.G. (1991). High-Tech Ventures: The Guide for Entrepreneurial Success.  1st Edition. Perseus Publishing.
NCIIA. (2006).  Invention to Venture: Workshops in Technology Entrepreneurship. National Collegiate Inventors & Innovators Alliance, Madison.
Oden, H.W. (1997).  Managing Corporate Culture, Innovation, and Intrapreneurship.  Greenwood Publishing Group.
Stolze, W.J.  Start-up: An Entrepreneur’s Guide to Launching and Managing a New Business. 2nd Edition. Rock Beach Press.
Akitan, B. (2013). “TECHNOPRENEURSHIP AS A STRATEGIC MECHANISM FOR COMMERCIALIZING UNIVERSITY-CREATED TECHNOLOGY” Lampung University
Walker, K. (2013) “The Technopreneurship Process: Academic Entrepreneur University Spin-offsRochester Institute of Technology, American College of Management and Technology, Don Frana Bulića 6, 20000 Dubrovnik RIThink, 2012, Vol. 2
M. Ayub Azmi, Roseleena Jaafar & Zulkifli Abdul Majid “Embedding technopreneurship with mechatronics engineering in outcome-based curriculum development for postgraduate education in Malaysia” Universiti Teknologi MARA  Shah Alam, Selangor, Malaysia Volume 13, Number 3, 2011 © WIETE 2011 Global Journal of Engineering Education
Kaur P. and Mr.Mahesh (2011) Belwal “Rural Technopreneruship: An Innovative key to development” Vol.1, Issue 2
Kamarudin, S. H. and Dr. Sulaiman Sajilan (2013) “Critical success factors of technopreneurship in the creative industries: a study of animation ventures” Rev. Integr. Bus. Econ. Res. Vol 2(1) 2013 Society of Interdisciplinary Business Research (www.sibresearch.org)
Ucbasaran, D, P H Westhead, & M Wright. 2001. The Focus of Entrepreneurial Research: Contextual and Process Issues. Entrepreneurship Theory and Practice(Summer): 57-80.
Shane, S & S Venkataraman. 2000. The Promise of Entrepreneurship as a Field of Research. The Academy of Management Review, 25(1): 217-26.
Ireland, R D, M A Hitt, & D G Sirmon. 2003. A Model of Strategic Entrepreneurship: The Construct and its Dimensions. Journal of Management, 29(6): 963–89.
Hills, G E, G T Lumpkin, & R P Singh. 1997. Opportunity Recognition: Perceptions and Behaviors of Entrepreneurs, Frontiers of Entrepreneurship Research.
Alvord, S, L D Brown, & C Letts. 2004. Social Entrepreneurship and Societal Transformation: An Exploratory Study. Journal of Applied Behavioural Science, 40(3): 260-83.
U.S. Department of State. “Entrepreneurship and Small Business.” eJournal USA: Economic Perspectives, Volume 11, Number 1 (January 2006). http://usinfo.state.gov/journals/ites/0106/ijee/ijee0106.htm
Drucker, Peter F. Innovation and Entrepreneurship. New York: Harper Business, 1985.













Daftar Riwayat Hidup
          Nama                                                          :  Ivan Andri Kurniawan           
Tempat, Tanggal Lahir                                 :  Bandar Lampung, 21 Maret 1992
Jenis Kelamin                                               :  Laki-Laki
Alamat                                                         :  Gading Serpong, L’agricola Cluster azalea AZ 1 No. 10
No. Telepon                                                : 081311423666

Riwayat Pendidikan dan Kursus                   :
            Tahun 1997 – 2003                               :  SD Xaverius 1 teluk betung
            Tahun 2003 – 2006                               :  SMP Xaverius 1 teluk betung
            Tahun 2006 – 2009                               :  SMA Sma Immanuel Bandar lampung
            Tahun 2011 – sekarang              :  BINUS University

Pengalaman Kerja                                        : -
















          Nama                                                          :  Satya Aditama          
Tempat, Tanggal Lahir                                 :  Tangerang, 3 Oktober 1992
Jenis Kelamin                                               :  Laki-Laki
Alamat                                                         :  BSD Sektor 1.3 BC 18
No. Telepon                                                :  021-56336

Riwayat Pendidikan dan Kursus                   :
            Tahun 1998 – 2004                               :  SD Baitul Mall
            Tahun 2004 – 2007                               :  SMPN 161
            Tahun 2007 – 2010                               :  SMAN 108
            Tahun 2011 – sekarang              :  BINUS University

Pengalaman Kerja                                        : -



















          Nama                                                          :  Franklyn toar rengkung
Tempat, Tanggal Lahir                                 :  Tangerang, 29 April 1993
Jenis Kelamin                                               :  Laki-Laki
Alamat                                                         :  Jalan Delima 2 C4 No.15 Pondok Makmur Kota Bumi
No. Telepon                                                :  087808717061

Riwayat Pendidikan dan Kursus                   :
            Tahun 1999 – 2005                               :  SD Kuta Baru 1
            Tahun 2005 – 2008                               :  SMP Maria Mediatrix
            Tahun 2008 – 2011                               :  SMA Yuppentek 1
            Tahun 2011 – sekarang              :  BINUS University

Pengalaman Kerja                                        : -


















          Nama                                                          :  Nofal Priananda
Tempat, Tanggal Lahir                                 :  Jakarta, 9 Febuari 1993
Jenis Kelamin                                               :  Laki-Laki
Alamat                                                         :  Serpong Park Blok B7/15 BSD Tangerang Selatan
No. Telepon                                                : 

Riwayat Pendidikan dan Kursus                   :
            Tahun 1999 – 2005                               :  Cikal Harapan
            Tahun 2005 – 2008                               :  Al-Azhar BSD
            Tahun 2008 – 2011                               :  Al-Azhar BSD
            Tahun 2011 – sekarang              :  BINUS University

Pengalaman Kerja                                        : -



2 komentar:

  1. Jadi hambatan ketika kita ingin menekuni bisnis di bidang Teknopreneur itu apa?

    BalasHapus
  2. Las Vegas Casino - DrmCD
    Results 경상남도 출장샵 1 - 평택 출장샵 50 of 3000+ — Las 김해 출장샵 Vegas 강릉 출장샵 Casino Hotel is 남양주 출장마사지 the perfect venue to host your event in Las Vegas. We offer all the necessary equipment to make

    BalasHapus